Friday, November 14, 2014

CARA EFEKTIF JUALAN LEWAT SOCIAL MEDIA: Awareness, Interaksi dan Konversi

Posted by Unknown
cara efektif jualan lewat facebook


Facebook dan Twitter memungkinkan Anda memulai bisnis online Anda sendiri. 

Dengan sedikit kreatifitas dan banyak kerja keras, Anda dapat membangun komunitas yang dengan rela menerima update status bahkan iklan sekalipun.

Semua terserah kepada Anda.


CARA EFEKTIF JUALAN LEWAT TWITTER dan FACEBOOK

1.Twitter
Jumlah pengguna twitter di Indonesia masuk 10 besar dunia. Pasar yang sangat, sangat besar!

Cara ngiklan biasanya via mention akun publik yg tidak dikenakan biaya (gratis) seperti: 
@forumbandung @followbandung @promobandung atau akun iklan lain yg followersnya lumayan banyak. 

Cara efektif kedua untuk mendongkrak penjualan lewat twitter adalah melalui twit berbayar

Pilih berdasarkan dagangan supaya target marketnya kena.

Dengan twit berbayar Anda bisa dapet banyak PIN BB calon pembeli yg bisa dikonversi jadi pelanggan. 

Bentuklah database calon pelanggan tertarget, itu adalah aset Anda di dunia bisnis online.

Coba hitung biaya iklan vs laba yg dihasilkan. 

Lihat juga efek viral dimana “ikan besar” atau pelanggan potensial biasanya bermain dengan “ikan besar” lainnya, mereka saling mempengaruhi dan memberi referensi mengenai OL shop terpercaya.


Nyawa dari bisnis online (dan bisnis apa pun) adalah TRUST. Tanpa ini, Anda akan capek sendiri karena bisnis hit and run serta gak berkah.


2. Facebook
Facebook page berguna sebagai katalog dan ajang tawar-menawar yang lebih efektif dibanding via mention di twitter yang cepat ditelan arus twit.

Satu hal penting di facebook adalah: jangan tag jualan Anda di lapak orang lain. Laku kagak, dibenci iyee!

Juga jangan main asal tag foto. 

Cara yang lebih elegan adalah:
  • Buat Facebook Page Isi dengan konten yang berguna untuk target market Anda. Jika Anda menjual tas wanita, sertakan juga status berupa gambar atau tips khusus wanita. Gunakan kreatifitas Anda. 

  • Iklankan Facebook Page Hal ini untuk membangun 'likes' dan calon pelanggan. Cari sekitar 2000 likes pertama dan pause iklan (biaya sekitar IDR 200rb - 500rb).

  • Berikan Konten Berkualitas Sesudah memiliki 2000 likes, teruslah berikan konten bermanfaat yang sesuai dengan target market Anda secara konsisten. Dan perhatikan apakah setelah 2 minggu usaha Anda menghasilkan page likes secara alami. Jika iya, berarti konten Anda cukup berharga untuk dibagikan. Jika tidak, Anda bisa beriklan lagi atau memang pangsa pasar Anda tidak semenarik yang Anda bayangkan.

  • Batasi Status Iklan Usahakan page Anda: 80% artikel berguna dan hanya 20% iklan. Tulislah iklan dalam bahasa yang menjual tapi tidak monoton. Istilahnya: copywriting.

Dan jangan lupa untuk share status facebook page Anda di Facebook Pribadi.

Jika Anda belum pernah melakukan hal ini, Anda bisa mulai sekarang juga. 

Bertindak adalah cara terbaik menunjukkan komitmen Anda bukan pada orang lain, tapi pada diri Anda sendiri. Dan itu cukup!


0 comments:

Post a Comment